Hallo,teman!! Selamat datang di Blog Saya..

Mau buat buku tamu ini ?
Klik di sini

6 Tips Membuat Konten Blog Yang Ramai Dikunjungi Banyak Visitor

Sunday 13 November 2016 0 comments

Konten adalah elemen yang sangat penting pada sebuah website atau blog. Dengan adanya konten, sebuah blog akan bisa hidup dan berkembang, sebaliknya blog akan mati suri bila tidak ada konten. Peran konten memang sangat krusial pada sebuah blog karena menjadi unsur dasar pertumbuhan dan perkembangan blog itu sendiri. Dengan menyajikan konten yang baik dan bermanfaat maka dengan sendirinya blog tersebut akan ramai dikunjungi banyak orang.
Namun saat konten yang disediakan tidak baik maka website atau blog pun akan sepi dikunjungi meskipun Anda gencar melakukan blogwalking atau usaha lain untuk meningkatkan trafik website atau blog Anda. Nah, setelah kita mengetahui bahwa pondasi dasarnya adalah kualitas konten, tentunya kita ingin menghasilkan konten yang spesifik dan memang dikuasai, pasti terkait dengan passion dan bidang Anda, sekaligus hobi Anda.
Lalu seperti apakah resep membuat konten agar ramai dikunjungi banyak visitor ini? Berikut ini adalah 6 tips membuat konten blog yang bisa membantu meningkatkan visitor blog Anda.


1. Buat Konten Blog Sesuai Tema dan Passion

Membangun konten yang baik harus diawali dari hati. Maka dari itu, membuat konten dengan passion sesuai minat dan bidang yang disukai serta Anda kuasai akan menjadi dasar sebuah konten yang hebat. Selanjutnya, jangan sekali-sekali Anda membuat konten yang tidak berhubungan atau berkaitan dengan tema blog Anda, kecuali jika blog Anda adalah tergolong blog personal atau blog gado-gado.
Namun untuk membuat website atau blog dikunjungi banyak orang sebaiknya Anda membuat website atau blog yang bertema khusus atau spesifik (niche blog). Dengan tema yang lebih terfokus pada satu hal ini, Anda bisa membuat konten yang sesuai dengan passion dan keahlian Anda. Dengan dasar passion, maka kemungkinan Anda membuat konten yang berkualitas akan sangat mudah didapat.
Artikel lain: lihat di Anas-Abuli

2. Konten Orisinal dan Bermanfaat

Salah satu syarat lain selain konten yang sesuai tema dan passion adalah orisinalitas dan kebermanfaatan. Konten yang orisinil (asli) dan bukan hasil copas adalah konten yang akan membawa website dan blog Anda pada kepercayaan pengunjung. Ini penting untuk meningkatkan brand blog Anda. Apalagi jika ternyata konten yang Anda buat memiliki manfaat bagi banyak orang, tentu saja ini akan semakin menambah jumlah visitor blog Anda.

3. Update Secara Konsisten

Setelah Anda mampu membuat konten yang baik dengan passion dan keseuaian tema, maka resep berikutnya agar konten mendapat kunjungan yang banyak adalah konsistensi update konten. Ya, konsistensi untuk mengupdate konten di website atau blog memang selalu menjadi tantangan tersendiri bagi setiap blogger.
Untuk menjadikan blog Anda ramai pengunjung, tidak ada jalan lain selain Anda harus selalu konsisten mengupdate blog. Sebenarnya jika kita sudah mampu membuat konten yang baik, maka kita sudah punya modal yang bagus. Selanjutnya tinggal menjaga konsistensi dalam mengupdate konten yang berkualitas di blog tersebut.


Artikel lain: Anas-Abuli

4. Lakukan Teknik Copywriting

Tips berikutnya adalah melakukan teknik copywriting pada konten Anda. Apa itu copywriting ? copywriting adalah menulis dengan tujuan marketing dan advertising atau menawarkan sesuatu kepada pembaca agar mereka mengikuti apa yang penulis inginkan. Namun yang perlu Anda ingat bahwa copywriting tidak harus menawarkan sesuatu secara langsung. Kalaupun memang ada, kita bisa membuatnya dibagian akhir tulisan.
Contoh teknik copywriting tentang madu. Kita bisa menuliskan di dalam konten bahwa madu sangat bermanfaat bagi kesehatan. Dengan sajian fakta-fakta yang ada tentang khasiat madu, kita secara tidak langsung telah merekomendasikan sebuah  produk madu, tanpa harus secara vulgar menggunakan teknik beriklan.

5. Berikan Formula AIDA

Copywriting yang baik dihasilkan oleh suatu formula yang bernama AIDA. Apa lagi itu AIDA? AIDA adalah akronim dari Attention, Interest, Desire dan Action.
  • Attention adalah bagaimana tulisan Anda dapat membuat pembaca tertarik dan menggiring mereka pada langkah selanjutnya.
  • Interest, setelah mendapat perhatian maka Anda harus membuat pembaca semakin berminat dengan isi dari artikel atau tulisan yang Anda buat.
  • Setelah pembaca sudah sangat tertarik dan berminat maka Anda tinggal membuat mereka merasakan pentingnya membaca keseluruhan artikel, inilah yang dinamakan teknik Desire.
  • Sampai akhirnya mereka melakukan Action yaitu melakukan tindakan dari isi artikel yang Anda inginkan atau setidaknya mereka melakukan share secara viral ke media sosial mereka.
Baca juga: artikel yang lainnya ya teman!!

6. Optimalkan Judul Tulisan

Terakhir, tips yang tidak boleh kita lupakan adalah membuat judul tulisan yang menarik. Ya, judul tulisan adalah pintu gerbang bagi kita untuk mendapatkan pengunjung blog yang lebih banyak. Ini karena judul merupakan elemen pertama yang akan dilihat pengunjung sebelum membaca konten secara keseluruhan.
Jika saat pertama kali pengunjung membaca judul dan sudah tidak tertarik, maka jangan harap pengunjung mau mengklik tautan atau membaca keseluruhan konten. Sebaliknya, jika Anda mampu membuat judul yang menarik maka pengunjung pun akan langsung mengklik tautan atau membaca artikel yang Anda buat tersebut.


Enam tips membuat konten blog yang dibahas di atas mungkin terlihat sederhana, namun sudah terbukti dapat meningkatkan trafik bagi sebuah website/ blog. Selain itu, penggunaan kata kunci yang tepat pada tiap elemen konten juga akan memberikan dampak yang sangat baik dari sisi SEO. Semoga bermanfaat.
Share this article :

Suka dengan Artikel saya? Baca via Email yuk!!Gratis...kox... Masukan Alamat Email Kamu:

Delivered by FeedBurner

Post a Comment

 
Support : Cara Gampang | Creating Website | Johny Template | Mas Templatea | Pusat Promosi
Copyright © 2015. Anas-Abuli - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Modify by CaraGampang
Proudly powered by Blogger